Ukuran Dan Gambar lapangan Futsal


Lapangan Futsal berbentuk persegi panjang, dengan ukuran sebagai berikut :
Umum
Panjang : Minimum 25 m, Maksimum 42 m
Lebar     : Minimum 15 m, Maksimum 25 m
Standart Internasional
Panjang : Minimum 38 m, Maksimum 42 m
Lebar     : Minimum 18 m, Maksimum 25 m
Permukaan Lapangan Futsal
Permukaan lapangan harus mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat dianjurkan. Beton ataupun bata harus dihindarkan.
Semua garis memiliki lebar 8 cm.
Lapangan Futsal dibagi menjadi dua bagian yang dibelah oleh garis tengah lapangan.Tanda / Titik Tengah ditandai dengan sebuah titik ditengah-tengah garis tengah lapangan. Titik tengah dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 3 meter.
Gambar Lapangan Futsal dan penjelasan perangkatnya, sebagai berikut :

Penalty Area
Penalty Area berbentuk seperempat lingkaran dengan radius 6 meter yang digambarkan berada ditengah-tengah pada garis gawang.
Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang.
1. Titik Penalty
Pada Lapangan Futsal memiliki 2 titik penalty, yaitu dengan ukuran :
Titik Penalty Pertama : Berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.
Titik Penalty Kedua : Berjarak 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertical dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.
2. Gawang
Ditempatkan pada tengah-tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari :
- Dua buah tiang sejajar vertical dengan jarak yang sama dari setaip sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan batang horizontal.
- Jarak kedua tiang vertical adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.
- Tiang vertical maupun tiang horinzontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm.
- Jaring, terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, dipautkan pada kedua tiang vertical dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang.
- Bagian bawah didukung oleh batangan melengkung ataupun bentik lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup.
- Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah ( Permukaan Lapangan ).
Gambar Gawang Futsal beserta ukurannya :

Subsitution Zone ( Zona Pengganti )
Zona Pengganti pemain adalah tempat dimana pemain masuk dan keluar lapangan apabila terjadi pergantian pemain. Zona ini terletak persis didepan bangku tim dimana cadangan dari tim official berada.
Zona penggantian pemain ditempatkan secara langsung didepan dari bangku pemain cadangan dan memiliki panjang 5 meter. Zona ini ditandai pada setiap sisinya dengan sebuah garis yang memotong garis pembatas lapangan, lebar garis 8 cm dan panjang 80 cm, dimana 40 cm berada didalam lapangan dan 40 cm diluar dari lapangan.
Jarak antara masing-masing zona pergantian dengan titik perpotongan garis tengah lapangan dengan garis pembatas lapangan adalah 5 meter. Ruang yang bebas ini, secara langsung berada didepan meja penjaga waktu,. Harus tetap terjaga kebebasan pandangannya.
Gambar Subsitution Zone :

Corner Arc ( Titik Tendangan Pojok )
Seperempat lingkaran dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.
Semoga bermanfaat…Amin
About these ads
By Ilmu-Olahraga

One comment on “Ukuran Dan Gambar lapangan Futsal

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s