Cara Download Video Youtube Dengan DownloadHelper


DownloadHelper adalah Add-ons dari browser Firefox yang berfungsi untuk mendownload dan/atau mengkonversi video (video/audio streaming) dari situs youtube dan berbagai situs sejenis lainnya (misal situs penyedia anime biasanya berupa watch online / video streaming). Untuk menggunakan Add-ons ini kamu harus menginstal browser firefox dahulu. Untuk menggunakannya ikutilah langkah-langkah berikut ini (untuk yang terbiasa menginstal Add-ons Firefox bisa meloncati bagian instalasi).

# Instalasi Add-ons DownloadHelper pada firefox
1. Buka link berikut: klik disini, bila link ini tidak bisa diakses, pada firefox klik menu Tools -> Add-ons, pilih tab Get Add-ons disitu ada kolom inputan untuk search Add-ons, ketik “DownloadHelper” terus enter. Setelah muncul hasilnya, klik gambar tombol yang mirip seperti pada langkah 2 berikut ini.
2. Klik gambar tombol seperti berikut:

3. Tunggu beberapa saat, maka Add-ons tersebut akan terdownload dan terinstall secara otomatis.
4. Bila instalasi selesai maka akan muncul peringatan untuk merestart firefox. Klik saja tombol restart tersebut.
5. Maksud dari kata restart pada langkah sebelumnya yaitu mematikan aplikasi firefox (bukan OS/Windows) kemudian dijalankan lagi supaya Add-ons yang terinstal bisa digunakan.

Sesudah Add-ons DownloadHelper terinstal, sekarang waktunya untuk mengetahui cara penggunaannya. Untuk itu ikutilah petunjuk berikut:
1. Buka halaman web yang menampilkan video yang akan kamu download (bisanya pada halaman tersebut terdapat bagian yang mirip seperti video player yang lengkap dengan tombol play/pause/stop untuk menampilkan/memutar video)
2. Perhatikan icon DownloadHelper (bisanya di status bar / dibagian toolbar firefox). Bila tidak berwarna (hitam putih) maka tidak ada video yang terdeteksi. Supaya terdeteksi, putar video pada halaman web tersebut, maka icon DownloadHelper akan mempunyai warna / bergerak (tergantung settingan pada Add-ons tersebut).
3. Kalau sudah terdeteksi (sesuai langkah 2), klik tanda mirip panah yang menghadap kebawah disamping kanan icon DownloadHelper, disitu akan kamu jumpai nama file dari video yang terdeteksi di halaman web tersebut (list nama file bisa mengacu pada video yang sama atau video yang berbeda), arahkan pointer mouse pada nama file tersebut maka akan muncul beberapa pilihan, pilih “Download” untuk mendownload file video tersebut.

Tambahan
DownloadHelper bisa berkolaborasi dengan berbagai download manager untuk mempercepat proses download. Caranya yaitu dengan meng-copy link yang didapatkan dari DownloadHelper terus di paste-kan pada download manager milikmu (bisanya pada bagian add url/link).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s